Home / Berita / APBD Pemkot Pangkalpinang Tahun 2022 Lebih Rendah, Molen Genjot Sektor Investasi

APBD Pemkot Pangkalpinang Tahun 2022 Lebih Rendah, Molen Genjot Sektor Investasi

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Porsi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang Tahun Anggaran 2022 lebih kecil dibandingkan Tahun 2021.

Menyikapi hal tersebut Wali Kota Pangkalpinang Mualan Aklil (Molen) menyebut pihaknya akan lebih mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui beberapa skenario.

Satu di antaranya adalah sektor pajak dan juga penyesuaian NJOP Tahun 2022. Tak hanya itu, kata Molen sektor investasi jadi penunjang minimnya APBD Tahun 2022.

“Kita akan kejar investasi untuk masuk, dengan itu multiflayer efeknya besar. Semakin banyak  tenant-tenant (penyewa-red) yang besar masuk itu makin besar juga yang masuk PAD kita,” ujar Molen kepada Bangkapos.com, Kamis (30/12/2021).

Terbukti kata Molen, realisasi investasi tahun 2021 di Pangkalpinang lebih tiga kali libat dari target yang telah ditetapkan.

“Terbukti dari realisasi investasi kita tahun ini lebih tiga kali lupat dari target. Dan memang itu yang kita kejar, jadi kota beribu senyuma  ini memang ramah investasi,” katanya.

Diakui Molen, banjir akan tetap menjadi pembangunan skla prioritas pada Tahun 2022 nanti. “Banjir yang skala prioritas sekali, setelah itu baru pembangunan masjid kubah timah kita mulai bangun tahun 2022 dan tahun 2023 selesai,” ucapnya.

Semenara itu berkurangnya porsi APBD Tahun 2022 disebabkan berkurangnya dana transfer pusat ke Pemkot Pangkalpinang.

“Tapi ini tidak mematahkan semangat kita, terus kita genjot dari sisi lain untuk menutupi kekurangan ini. Inshaalah semuanya berjibaku untuk pembangunan di Kota Pangkalpinang lebih baik lagi,” katanya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul APBD Pemkot Pangkalpinang Tahun 2022 Lebih Rendah, Molen Genjot Sektor Investasi  , https://bangka.tribunnews.com/2021/12/30/apbd-pemkot-pangkalpinang-tahun-2022-lebih-rendah-molen-genjot-sektor-investasi.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari

About Admin

Check Also

DPMPTSPTK Pangkalpinang Catat Baru 8 TKA yang Memiliki RPTKA

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.