Home / Berita / Bangkitkan Usaha Mikro dan Kecil, DPMPTSP Kota Pangkalpinang Berikan Relaksasi Izin

Bangkitkan Usaha Mikro dan Kecil, DPMPTSP Kota Pangkalpinang Berikan Relaksasi Izin

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Yan Rizana mengatakan, relaksasi terhadap UMKM yang dilakukan DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang dengan melakukan pendampingan terhadap UMKM yang ingin mengurus perizinan namun terhambat dalam pengetahuan teknologi dan juga keterbatasan akses UMKM terhadap aplikasi perizinan online.

“Perlu diketahui bahwa sejak bulan Maret 2020, DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang telah melakukan perizinan secara online. Termasuk juga IUMK yang merupakan izin usaha bagi UMKM,” kata Yan kepada Bangkapos.com, Rabu (7/10/2020).

tribunnews

Plt. Kepala DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang, Yan Rizana

Menurutnya, UMKM dinilai memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian karena mampu memberikan perluasan kesempatan kerja dan menggerakan masyarakat untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif serta berkontribusi dalam pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

“Pelaksanaan pendampingan bagi UMKM yang ingin mengurus IUMK, DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang menyediakan petugas yang siap membantu UMKM dalam melakukan perizinan IUMK secara online,” ujarnya.

Dia menyebutkan, mekanisme yang dilakukan, pemohon datang ke DPMPTSP dengan membawa KTP, NPWP beserta email aktif.

Lalu petugas akan membantu menginputkan atau mendampingi/menjelaskan langkah-langkah dalam tahapan IUMK. mekanisme yang lain, melalui aplikasi whatsapp, dimana pemohon akan dibimbing pertahapan perizinan IUMK oleh petugas/operator.

“Perlu diketahui bahwa IUMK melalui online (aplikasi OSS), langsung terhubung dengan pusat, dimana jika semua data telah terisi dengan benar maka izin usaha (IUMK) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) akan langsung efektif dan UMKM telah mempunyai izin usaha yang legal. Sehingga percepatan yang dapat dilakukan oleh DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang adalah berupa pendampingan penginputan IUMK,” jelasnya.

Dia menuturkan, jika pelaku UMKM yang tidak dapat mendatangi DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang, dapat juga melalui daring via aplikasi whatsapp.

PMPTSP&NAKER Kota Pangkalpinang juga menyediakan langkah-langkah dalam pengurusan IUMK pada Website resmi DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang. (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Bangkitkan Usaha Mikro dan Kecil, DPMPTSP Kota Pangkalpinang Berikan Relaksasi Izin, https://bangka.tribunnews.com/2020/10/07/bangkitkan-usaha-mikro-dan-kecil-dpmptsp-kota-pangkalpinang-berikan-relaksasi-izin.
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: khamelia

About Admin

Check Also

Dampak Covid-19, Tahun 2020 di Pangkalpinang Sebanyak 195 Pekerja di PHK dan 11.600 Dirumahkan

PANGKALPINANG — Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *