Home / Berita / Di Pangkalpinang Kini Terdapat 85 Ritel Modern, Jumlah Terus Meningkat dalam Empat Tahun Terakhir

Di Pangkalpinang Kini Terdapat 85 Ritel Modern, Jumlah Terus Meningkat dalam Empat Tahun Terakhir

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Yan Rizana menyebut, total ada 55 ritel modern dari luar seperti Indomaret dan Alfamart di Pangkalpinang, dan 30 ritel lokal seperti Acing, Spradik Mart, dan lainnya.

Sejak 2019 lalu, imbuh Yan, ritel-ritel ini terus melebarkan sayapnya. Awalnya, tahun 2019 hanya ada 9 ritel nasional dan 6 ritel modern lokal.

“Peningkatan ritel-ritel ini memang terus terjadi di Kota Pangkalpinang. Ritel ini tergolong minimarket yang menyediakan kebutuhan konsumen. Untuk ritel nasional itu, memang Indomaret yang paling menunjukkan peningkatan kalau kita lihat sejak 2019 kemarin. Kalau Alfamart dan Acing ritel lokal kita itu, terhitung hampir sama jumlahnya,” jelasnya kepada Bangkapos.com, Selasa (26/7/2022).

Sejak pemberlakuan Online Single Submission Risked Based Approach (OSS-RBA), pengajuan izin retail modern atau toko swalayan dilakukan melalui OSS-RBA dan sendiri oleh pemohon.

“Sistem OSS-RBA akan memfilter permohonan tersebut, semua persetujuan dilakukan oleh sistem. Usaha tersebut masuk kategori risiko rendah. Jika masuk kategori risiko rendah, maka perizinan yang terbit hanya NIB dan akan terbit otomatis pada saat pendaftaran melalui OSS selesai, tanpa ada pemenuhan persyaratan,” jelas Yan.

Dia menegaskan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hanya berfungsi sebagai pembantuan dalam penggunaan sistem saja.

“Persyaratan diserahkan ke PTSP dan PTSP akan menyerahkan ke OPD teknis, dalam hal ini Dinas Perdagangan untuk penerbitan rekomendasi, setelah keluar rekomendasi dari Disperindag baru PTSP mengeluarkan surat persetujuan pemenuhan Komitmen atas Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS) yang diajukan,” bebernya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Di Pangkalpinang Kini Terdapat 85 Ritel Modern, Jumlah Terus Meningkat dalam Empat Tahun Terakhir, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/26/di-pangkalpinang-kini-terdapat-85-ritel-modern-jumlah-terus-meningkat-dalam-empat-tahun-terakhir.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Novita

About Admin

Check Also

Prediksi Investasi di Pangkalpinang Tahun 2022 Melejit, Kini Sudah Terealisasi Rp171 Miliar Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Prediksi Investasi di Pangkalpinang Tahun 2022 Melejit, Kini Sudah Terealisasi Rp171 Miliar

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang nampaknya memprediksi investasi di kota beribu senyuman ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.