Home / Berita / Mc’Donalds Tak Kunjung Buka, 30 Tenaga Kerja Pangkalpinang Training Sementara di Palembang

Mc’Donalds Tak Kunjung Buka, 30 Tenaga Kerja Pangkalpinang Training Sementara di Palembang

BANGKAPO.COM, BANGKAMcDonald’s restoran makanan siap saji dengan menu unggulan ayam fried chicken dan burger itu tak kunjung buka di Kota Pangkalpinang. Padahal secara fisik bangunan sudah seutuhnya jadi.

Dua kali opening (pembukaan) McDonald’s Pangkalpinang ditunda gara-gara  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rencana pertama, restoran siap saji asal Amerika yang berlokasi di Jalan Jelutung (depan Makam Kerkhof) itu akan dibuka akan dibuka Juli 2021 namun tertunda karena PPKM Jawa-Bali.

Lalu beredar kabar rencana kedua akan dibuka awal Agustus 2021 namun dipastikan tertunda karena PPKM kembali diperpanjang, terlebih kini Pangkalpinang memberlakukan PPKM Level 3.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Yan Rizana mengatakan PPKM mempengaruhi beberapa sektor, termasuk grand opening McDonald’s Pangkalpinang.

Bahkan hingga kini Yan belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut kapan McDonald’s akan dibuka.

“Untuk tanggal pastinya belum ada, kita masih menunggu nanti kalau sudah saatny akan segera kita infokan, mudah-mudahan pada bulan September ini juga,” ungkap Yan kepada Bangkapos.com, Jumat (3/9/2021).

Sebetulnya kata Yan, dari seluruh bangunan dan sarana pendukung lainnya sudah siap semua.

“Dari seluruh fisik bangunan dan sarana pendukung sudah siap, perizinana sudah lengkap. Tinggal menunggu ACC kantor pusat McDonald’s di Jakarta kapan mau launching,” bebernya.

Tak hanya itu ruapanya McDonald’s di Pangkalpinang menyerap sebanyak 30 tenaga kerja asal Pangkalpinang, hal ini diungkapkan Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti.

Kata Amrah, sebetulnya saat ini sudah lebih dari tiga bulan masa training 30 tenaga kerja tersebut, namun karena kondisi pamdemi covid-19 McDonald’s belum juga dibuka.

“Sebetulnya ini sudah lebih tiga bulan masa training, mereka (30 tenaga kerja-red) sejak lolos recruitmen memang dikirim ke Palembang untuk pelatihan dulu tapi ini sudah lebih masa traning itu jadi untuk sementara mereka ikut di McDonald’s Pelembang dulu hitung-hitung belajar,” kata Amrah kepada Bangkapos.com, Jumat (3/9/2021).

Menurutnya, hal demikian tak menjadi masalah asalkan hak-hak tenaga kerja tetap diberikan.

“Jadi hitungannya mereka belajar sementara di McDonald’s Palembang sambil menunggu yang disini buka. Jadi kita tidak masalah asalkan hak-hak mereka tetap terpenuhi dan itu sudah masuk hitungan gaji,” tuturnya

Sebelumnya kata Amrah, rekruitmen calon tenaga kerja, diselenggarakan oleh pihak Mc’Donalds bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK).

“Mereka melakukan rekruitmen bekerja sama denhan BKK yang telah tercatat dan telah diterbitkan tanda daftar yang dikeluarkan oleh Dinas PM, PTSP dan Naker,” ujarnya.

“Informasi dari pihak perusahaan, bahwa perekrutan tersebut baru merupakan tahap awal dari rencana operasional  perusahaan,” tambahnya.

Menurunya, untuk tenaga kerja sendiri didominasi oleh warga Pangkalpinang, kecuali untuk posisi tertentu yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus tetap dari luar daerah.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Mc’Donalds Tak Kunjung Buka, 30 Tenaga Kerja Pangkalpinang Training Sementara di Palembang, https://bangka.tribunnews.com/2021/09/03/mcdonalds-tak-kunjung-buka-30-tenaga-kerja-pangkalpinang-training-sementara-di-palembang?page=2.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia

About Admin

Check Also

Geliat Investasi di Pangkalpinang Untuk Siapa? Ini Kata Mereka

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemberitahuan ADVICE PLANING menjadi KKPR khusus UMK