Home / Berita / Tahun Lalu Investasi di Pangkalpinang Tembus Rp3,3 Triliun, 2022 Pemkot Optimis Lebih Besar

Tahun Lalu Investasi di Pangkalpinang Tembus Rp3,3 Triliun, 2022 Pemkot Optimis Lebih Besar

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Tahun 2021 nilai investasi di Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang tembus hingga Rp3,3 Triliun. Dengan target sebelumnya berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) baru tahun 2021 sebesar Rp400 miliar, dan rencana realisasi investasi sebesar Rp280 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Yan Rizana menyebut, angka Rp3,3 triliun tersebut tercatat hingga akhir Desember tahun 2021 kemarin.

Dimana investasi berdasarkan realisasi investasi yang paling didominasi dari sektor perdagangan dan reparasi.

“Sementara untuk realisasi investasi berdasarkan RPJMD sebesar Rp280 miliar itu hingga triwulan ketiga kemarin tercatat kita terealisasi sebesar Rp3,4 miliar. Kalau kita lihat dari sisi realisasi investasi kemarin sektor yang paling mendukung adalah  perdagangan dan reparasi. Kemudian untuk nilai investasi itu dari sektor gudang, transportasi, dan komunikasi,” sebut Yan kepada Bangkapos.com, Rabu (19/1/2022).

Sementara untuk tahun 2022 Yan mengatakan, untuk target nilai investasi ditargetkan sebesar Rp600 miliar, dan realisasi  investasi sebesar Rp400 miliar.

Yan menegaskan, pihkanya optimis tahun 2022 realisasi investasi bakal melebihi tahun 2021 yang berkali lipat melebihi target.

“Kalau kita melihat trennya akan sama seperti tahun 2021, karena pengalaman selama pandemi ini itu investasi yang paling banyak itu  komunikasi dan transportasi. Kami tetap optimis tahun ini bisa melebihi tahun kemarin, karena tahun 2021 lebih juga dari tahun 2020 kami usahkan setiap tahun itu terus meningkat,” tuturnya.

Yan menuturkan, investasi sebetulnya ada dua yaitu ada nilai investasi dan realisasi investasi. Nilai investasi bisa diketahui apabila didalam membuat perizinan  investor membuat rencana investasi. Sementara direalisasikannya itu belum tentu sama.

“Misalnya investor membuat renacana investasi Rp1 Miliar tapi direalisasi saat itukan belum tentu segitu, kan nanti mereka bangun apa, dan tambahan apa lagi nah itu namanya realisasi investasi,” jelasnya.

Menurutnya, berbagai kemudahan investasi terus dilakukan agar para investor ingin berinvestasi di kota Pangkalpinang.

Termasuk melaksanakan regulasi pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal yang sudah ada perda dan perwakonya, dan melaksanakan sistem perizinan Online Single Submission (OSS) seratus persen.

“Memperbaiki SOP perizinan sehingga sinkron dengan regulasi diatasnya juga hal penting yang harus dilakukan. Memperbanyak SDM berkualitas untuk mendukung teknis di lapangan, memperbaiki sarana dan prasarana perizinan, meningkatkan kan kualitas pengawasan dan pengendalian yang terintegrasi dengan stakeholder, sangat penting untuk pencapaian target tersebut,” ujarnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tahun Lalu Investasi di Pangkalpinang Tembus Rp3,3 Triliun, 2022 Pemkot Optimis Lebih Besar, https://bangka.tribunnews.com/2022/01/19/tahun-lalu-investasi-di-pangkalpinang-tembus-rp33-triliun-2022-pemkot-optimis-lebih-besar.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia

About Admin

Check Also

DPMPTSPTK Pangkalpinang Catat Baru 8 TKA yang Memiliki RPTKA

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.