Home / Berita / Total Investasi McDonald’s Pangkalpinang Capai Rp15 Miliar, Serap 30 Tenaga Kerja Lokal

Total Investasi McDonald’s Pangkalpinang Capai Rp15 Miliar, Serap 30 Tenaga Kerja Lokal

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang Yan Rizana mengatakan, total investasi McDonald’s di Pangkalpinang sebesar Rp15 miliar.

Menurut Yan, sudah sejak tahun 2019 lalu pihak McDonald’s melakukan survey dan melakukan Feasibility Study (FS) di Kota Pangkalpinang.

“Kurang lebih total seluruh investasinya sebesar Rp15 miliar, rencana untuk membuka itu sudah sejak tahun 2019 kemarin, cuma baru tahun ini terealisasi dan selesai. Yang inshaallah akan kita resmikan dihari Jumat (15/10) nanti,” ungkap Yan kepada Bangkapos.com, Rabu (13/10/2021).

Diakuinya, kemarin memang sempat ada penundaan lantaran Covid-19 sedang naik-naiknya di Pangkalpinang.

Ia menilai dengan srmakin banyaknya investasi masuk ke Kota Pangkalpinang seperti McDonald’s ini membuat putaran ekonomi semakin meningkat.

“Dengan banyaknya investasi yang masuk, berarti putaran modal, putaran ekonomi atau uang makin meningkat dalam suatu wilayah, juga akan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat hingga meningkatkan pendapatan asli daerah serta akan menurunkan angka pengangguran terbuka pemerintah daerah atau kota,” jelasnya.

Yan mengatakan, di samping memberikan kemudahan investasi, pihaknya juga akan meningkatkan kepercayaan investor dan calon investor di Kota Pangkalpinang.

Adapun kemudahan yang diberikan seperti melaksanakan proses perizinan melalui OSS RBA, mewujudkan sarana prasarana pendukung dlm proses perizinan, melaksanakan promosi potensi daerah, terutama sektor perdagangan dan jasa, serta pariwisata, dan melakukan pembinaan dan pengawasan secara reguler terhadap pelaku usaha.

Yan menyebutkan, investasi sebetulnya ada dua yaitu ada nilai investasi dan realisasi investasi.

Nilai investasi bisa diketahui apabila di dalam membuat perizinan  investor membuat rencana investasi. Sementara direalisasikannya itu belum tentu sama.

“Misalnya investor membuat renacana investasi Rp1 Miliar tapi direalisasi saat itukan belum tentu segitu, kan nanti mereka bangun apa, dan tambahan apa lagi nah itu namanya realisasi investasi,” jelasnya.

Selain itu hadirnya ritel-ritel modern di Kota Pangkalpinang juga menambah nilai investasi, hingga menambah lapangan pekerjaan bagi warga Provinsi Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang.

“Jumlah investor tahun 2019 sebanyak 542 Jumlah investor tahun 2020 sebanyak 255. Kalau jumlah investor tergantung nilai investasi yang ditanamkan, makanya nilai investasi yang di tanamkan lebih dominan di bandingkan jumlah investor,” ungkap Yan.

Ia mengatakan, akan mengusahakan agar jumlah investasi tahun 2021 ini melebihi target tahun 2020.

“Kita akan mendorong pelimpahan seluruh kewenangan perizinan yang masih ada pada OPD teknis ke DPMPTSP dan naker, melaksanakan regulasi pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal yangg sudah ada perda dan perwakonya, melaksanakan sistem perizinan Online Single Submission (OSS) seratus persen,” kaya Yan.

Serap 30 Tenaga Kerja Lokal

Tidak hanya itu ruapanya McDonald’s di Pangkalpinang berhasil menyerap sebanyak 30 tenaga kerja asal Pangkalpinang, hal ini diungkapkan Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti.

Menurut Amrah, saat ini 30 tenaga kerja yang terserap itu sudah kembali dari training di Palembang dan ditempatkan di McDonald’s Pangkalpinang sesuai penempatannya.

Di mana sebelumnya, 30 tenaga kerja tersebut melakukan training di Palembang dan sempat bekerja disana langsung sebab di Pangkalpinang belum buka.

“Mereka (30 tenaga kerja-red) sudah mengisi oprasionalnya kan kemarin sejak lolos recruitmen memang dikirim ke Palembang untuk pelatihan dulu,” kata Amrah kepada Bangkapos.com, Rabu (13/10/2021).

Sebelumnya kata Amrah, rekruitmen calon tenaga kerja, diselenggarakan oleh pihak Mc’Donalds bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK).

“Mereka melakukan rekruitmen bekerja sama dengan BKK yang telah tercatat dan telah diterbitkan tanda daftar yang dikeluarkan oleh Dinas PM, PTSP dan Naker,” ungkap Amrah.

“Informasi dari pihak perusahaan, bahwa perekrutan tersebut baru merupakan tahap awal dari rencana operasional  perusahaan,” tambahnya.

Menurunya, untuk tenaga kerja sendiri didominasi oleh warga Pangkalpinang, kecuali untuk posisi tertentu yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus tetap dari luar daerah.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Total Investasi McDonald’s Pangkalpinang Capai Rp15 Miliar, Serap 30 Tenaga Kerja Lokal, https://bangka.tribunnews.com/2021/10/13/total-investasi-mcdonalds-pangkalpinang-capai-rp15-miliar-serap-30-tenaga-kerja-lokal?page=3.
Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati

About Admin

Check Also

Mau ke McDonald’s? Tunggu Opening Jumat 15 Oktober 2021 di Pangkalpinang, Ini Kata Molen

BANGKAPOS.COM, BANGKA — McDonald’s makanan siap saji dengan menu utama ayam goreng dan burger di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBERITAHUAN SPPL