Home / Visi dan Misi

Visi dan Misi

VISI

Visi merupakan rumusan umum mengenai keadaan Kota Pangkalpinang yang diinginkan pada akhir periode perencanaan yaitu pada tahun 2023. Visi dimaksud diharapkan dapat menggambarkan arah yang jelas (clarity of direction) tentang kondisi masa depan yang ingin dicapai dalam lima tahun mendatang (jangka menengah), serta dapat menjawab permasalahan pembangunan daerah dan/atau isu strategis Kota Pangkalpinang yang perlu diselesaikan dalam jangka menengah tersebut.
Visi pembangunan jangka menengah daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2018-2023 disesuaikan dengan visi Walikota dan Wakil Walikota terpilih yaitu :
“Mewujudkan Pangkalpinang sebagai Kota SENYUM” (Sejahtera Nyaman Unggul Makmur)

 

Kota Pangkalpinang yang Sejahtera, Sejahtera merupakan sebuah kondisi kehidupan individu dan masyarakat yang dapat memenuhi standar kehidupan yang layak sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. Sejahtera juga dimaknai sebagai sebuah kondisi derajat kehidupan masyarakat Kota Pangkalpinang yang semakin membaik pada terutama pada sektor ekonomi.
Pangkalpinang Nyaman, merupakan kondisi kota yang memberikan kenyamanan bagi seluruh warganya. Suatu kota dengan kondisi lingkungan dan suasana kota yang aman dan nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat untuk beraktivitas. Rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan fisik maupun non fisik.
Unggul, merupakan kondisi dimana kondisi SDM yang ada di Kota Pangkalpinang adalah SDM yang memiliki keunggulan daripada SDM di daerah lain. SDM yang berbudi pekerti luhur, memiliki kebebasan menentukan sikap dan RPJMD Kota Pangkalpinang 2018-2023 V 2 tindakannya (self determination), memiliki kesadaran sosial tentang kesamaan (equality) dan pemerataan (equity).
Makmur, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya banyak hasil; serba kecukupan; tidak kekurangan. Masyarakat yang makmur adalah cita-cita yang harus diwujudkan melalui serangkaian kewenangan yang dipunyai pemerintah. Kondisi makmur di Kota Pangkalpinang tercapai jika seluruh masyarakatnya dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka secara layak sesuai dengan strata sosial masing-masing.

 

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, Misi Menjelaskan apa yang akan dilakukannya dan bagaimana melakukannya. Dengan pernyataan misi, diharapkan seluruh komponen dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran dan program serta hasil yang akan diperoleh pada masa yang akan datang, Misi Pemerintah Kota Pangkalpinang adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pemanfaatan potensi ekonomi dan penanggulangan kemiskinan.

2. Meningkatkan kualitas keamanan, ketertiban, perlindungan masyarakat dan peningkatan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

3. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik  menuju tercapainya Good Governance.

4. Meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia yang berkeadilan.

5. Meningkatkan kualitas infrastruktur dan pengelolaan lingkungan hidup.

 

Dalam merealisasikan Visi dan Misi tersebut diatas, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban, maka Nilai – Nilai dalam berorganisasi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang yang harus terus dikembangkan , adalah :

  • Komitmen, Memliki keyakinan dan loyalitas terhadap tujuan organisasi dengan terus melakukan upaya yang terbaik dalam mencapai tujuan organisasi dengan rasa tanggung jawab.
  • Integritas, Sikap dasar dan mental yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keyakinan.
  • Keramahan, Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selalu sopan dan ramah serta saling menghormati dan menghargai.
  • Ketulusan, Dalam melayanai masyarakat bekerja dengan kesungguhan dan keikhlasan serta senantiasa dapat menjaga kebersihan hati.
    Agar pencapaian Visi dan Misi yang berlandaskan nilai – nilai berorganisasi tersebut, dan dapat memotivasi semua komponen yang terkait dalam pelaksanaan pelayanan perizinan terpadu di Kota Pangkalpinang perlu ditetapkan Motto dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang yaitu : “ KEPASTIAN YANG KAMI BERIKAN “, Dalam motto tersebut mengandung makna bahwa dalam mendapatkan pelayanan masyarakat menginginkan sebuah kepastian, yaitu : Kepastian dalam persyaratan, Kepastian dalam Waktu Pelayanan, Kepastian dari biaya yang diperkenakan.
PEMBERITAHUAN SPPL