Home / Visi dan Misi

Visi dan Misi

VISI

Visi adalah gambaran arah pembangunan atau kondisi masa depan yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan tugas dan fungsi dalam kurun waktu yang akan datang. Visi dan misi merupakan cita-cita layanan terbaik dalam upaya mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah (RPJMD) maupun dalam upaya mencapai kinerja pembangunan daerah pada aspek kesejahteraan, layanan dan peningkatan daya saing daerah. Atas Dasar itulah maka Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kota Pangkalpinang menetapkan visi dan misinya sebagai berikut :

“Terwujudnya Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja Yang Berkualitas Menuju Pangkalpinang Sebagai Kota Investasi dan Berwawasan Lingkungan”

 

Visi tersebut mengamanatkan bahwa :

  1. Pelayanan Perizinan, yaitu pelayanan perizinan yang baik dan sesuai atau melebihi standar pelayanan yang ditetapkan.
  2. Tenaga Kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki kapasitas dan profesional serta penempatan yang sesuai dengan pendidikan serta keahliannya
  3. Kota Investasi, Yaitu Kota yang kondusif dalam kegiata usaha dan keberlangsungan usaha yang dapat akan didukung oleh pelaksanaan pelayanan perizinan yang prima.
  4. Berwawasan Lingkungan, yaitu Kota yang dalam pelaksanaan pembangunan selalu memperhatikan daya dukung lingkungan.
  5. Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yang terpercaya dalam pelayanan perizinan dapat diukur melalui :
  • Prosedur Pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan.
  • Persyaratan Pelayanan, yaitu persyaratan teknis dan administratif yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan jenis pelayanan yang tidak berbelit, jelas atau transparan.
  • Kejelasan Petugas pelayanan, yaitu keberadaan dan kepastian petugas yang memberikan pelayanan
  • Kedisiplinan petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Tanggung Jawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan kewenangan dan tanggung jawab petugas dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan.
  • Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan /menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Kecepatan Pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan.
  • Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan/status masyarakat yang dilayani.
  • Kesopanan dan Keramahan Petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati.
  • Kewajaran biaya pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang ditetapkan oleh unit pelayanan.
  • Kepastian biaya pelayanan, yaitu kesesuaian antara biaya yang telah dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan.
  • Kepastian jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  • Kenyamanan Lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima layanan.
  • Keamanan Pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resio yang diakibatkan dari pelaksanaan pelayanan.
  • Proses pengaduan masyarakat, untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat atas pelayanan yang dberikan aparatur, perlu disediakan akses kepada masyarakat untuk memberikan informasi saran/pendapat/tanggapan dan pengaduan.

 

MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, Misi Menjelaskan apa yang akan dilakukannya dan bagaimana melakukannya. Dengan pernyataan misi, diharapkan seluruh komponen dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran dan program serta hasil yang akan diperoleh pada masa yang akan datang, Maka Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang merumuskan Pernyataan Misi sebagai berikut :

1. Meningkatkan Iklim Investasi yang kondusif dan peningkatan kualitas pelayanan perizinan

2. Meningkatkan Kapasitas Tenaga Kerja.

3. Meningkatkan Pembinaan hubungan industrial serta perlindungan sosial tenaga kerja.

Dalam merealisasikan Visi dan Misi tersebut diatas, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban, maka Nilai – Nilai dalam berorganisasi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang yang harus terus dikembangkan , adalah :

  • Komitmen, Memliki keyakinan dan loyalitas terhadap tujuan organisasi dengan terus melakukan upaya yang terbaik dalam mencapai tujuan organisasi dengan rasa tanggung jawab.
  • Integritas, Sikap dasar dan mental yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keyakinan.
  • Keramahan, Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selalu sopan dan ramah serta saling menghormati dan menghargai.
  • Ketulusan, Dalam melayanai masyarakat bekerja dengan kesungguhan dan keikhlasan serta senantiasa dapat menjaga kebersihan hati.
    Agar pencapaian Visi dan Misi yang berlandaskan nilai – nilai berorganisasi tersebut, dan dapat memotivasi semua komponen yang terkait dalam pelaksanaan pelayanan perizinan terpadu di Kota Pangkalpinang perlu ditetapkan Motto dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang yaitu : “ KEPASTIAN YANG KAMI BERIKAN “, Dalam motto tersebut mengandung makna bahwa dalam mendapatkan pelayanan masyarakat menginginkan sebuah kepastian, yaitu : Kepastian dalam persyaratan, Kepastian dalam Waktu Pelayanan, Kepastian dari biaya yang diperkenakan.