Home / Berita / Yuk Daftar ! Pemkot Pangkalpinang Kembali Buka Pelatihan Kerja

Yuk Daftar ! Pemkot Pangkalpinang Kembali Buka Pelatihan Kerja

Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) kembali menyediakan kegiatan pelatihan untuk warga ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang masih belum memperoleh pekerjaan.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti menjelaskan, pelatihan dilakukan agar masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan mampu mempelajari keterampilan kerja yang dibutuhkan pasar.

“Pemerintah kota tahun ini memang menyediakan kegiatan pelatihan ini untuk membekali keterampilan para pencari kerja di Pangkalpinang,” kata Amrah kepada Bangkapos.com, Kamis (10/2/2022).

Amrah menjelaskan, ada empat jenis pelatihan yang disediakan pemerintah daerah. Pertama, bentuk pengembangan wirausaha mandiri seperti Garment Apparel atau menjahit dan barista. Masing-masing kuota yang disediakan sebanyak 11 orang.

Sedangkan untuk pelatihan jenis karyawan yakni teknik otomotif sepeda motor dengan kuota sebanyak 12 orang serta teknik informasi dan komunikasi (Grapich Design) sebanyak 11 orang.

“Kita memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Pangkalpinang untuk mengikuti pelatihan ini berdasarkan unit kompetensi untuk empat kejuruan itu tadi,” jelas Amrah.

Pelatihan sendiri lanjut dia, akan dilakukan selama 16 hari dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan baik yang bergerak di bidang industri maupun jasa.

Seperti Balai Latihan Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bangka Island Coffe Society (BICS) dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yolla.

Untuk pendaftaran sendiri telah dibuka sejak Selasa 8 Februari dan ditutup pada tanggal 25 Februari 2022 mendatang.

“Sampai hari ini sudah ada 9 orang yang mendaftar secara resmi. Tetapi banyak juga yang masih konsultasi dan akan mendaftar kemudian,” sebutnya.

Syarat pendaftaran pelatihan kerja ini cukup mudah dengan melampirkan berkas berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau KTP Pangkalpinang, fotokopi ijazah dari SD sampai pendidikan terakhir, fotokopi surat keterangan hasil ujian (SKHU) pendidikan terakhir untuk tamatan SD, SMP, dan SMA/SMK.

Lalu fotokopi transkrip nilai untuk tamatan D1 sampai S3, fotokopi sertifikat pelatihan atau kursus serta surat pengalaman kerja jika ada dan pas foto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar.

“Juga wajib memiliki kartu tanda pencari kerja atau AK 1. Kalau tidak punya bisa mendaftarkan diri ke website www.karirhub.kemnaker.go.id dan melengkapi dan diri dan berkas yang diminta pada website,” ungkap Amrah.

Bagi mereka yang lulus dalam pelatihan kerja dengan nilai bagus, kemungkinan akan langsung direkrut oleh perusahaan mitra pelatihan dari DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang.

“Daftar bisa langsung datang ke Kantor DPMPTSP Kota Pangkalpinang,” kata Amrah.

 

About Admin

Check Also

DPMPTSPTK Pangkalpinang Catat Baru 8 TKA yang Memiliki RPTKA

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.